Rabu, 02 Agustus 2017

KEUTAMAAN MEMBACA SURAH AL-KAHFI DI MALAM JUM'AT DAN DIHARI JUM'AT

KEUTAMAAN MEMBACA SURAH AL-KAHFI DI MALAM JUM'AT DAN DIHARI JUM'AT
Surah Al-Kahfi atau dalam bahasa arab yaitu Al-Kahf yang berarti “Gua” yang juga disebut dengan Ashabul Kahf merupakan surah yang ke-18 di dalam Al-Qur'an.

Surah ini diberi nama Al-kahfi dan Ashabul kahf karena mempunyai arti penghuni-penghuni gua.

Surah Al-kahfi ini merupakan golongan dari surah-surah Makkiyah, karena surah ini termasuk dari salah satu surah yang diturunkan di kota Mekkah. Dalam surah Al-kahfi mempunyai banyak keutamaan-keutamaan yang sangat agung bila di bandingkan dengan beberapa surah yang lain.

Namun, tidak semua orang yang mengetahui tentang keutamaan dari surah Al-Kahfi yang begitu agung ini, sehingga sebagian dari mereka jarang mengamalkannya atau bahkan tidak pernah membacanya apalagi menghafalnya.

Nah, mungkin sebagian dari kalian ingin mengamalkannya hanya saja tidak tahu kapan waktu membacanya yang paling baik. Namun jika anda sudah mengetahui kapan terbaik untuk mengamalkannya, maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengamalkannya, kecuali jika anda menyia-nyiakan keutamaan dari surah Al-Kahfi tersebut.

Menurut Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh Al-Wadhih min Al-Kitabwa Al-sunnah mengutarakan, bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).

Kenapa kok pada malam dan hari jum’at...??, kenapa enggak hari sabtu atau hari minggu, karena malam jum'at dan hari jum’at dalam islam merupakan hari yang istimewa, dimana hari itulah merupakan hari dimana Nabi Adam as diciptakan dan dan diwafatkan.

Sebagaimana Rasulullaah SAW bersabda :
إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ
“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. . . . " (HR. Abu Dawud, an Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus)

Oleh karena itu, dihari jumat yang merupakan hari paling afdhol terdapat amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari itu, salah satu amalan yang dianjurkan pada hari jumat adalah membaca surah Al-kahfi.

Nah, agar sahabat sekalian bisa semangat untuk mengamalkannya marilah kita bahas tentang keutamaan dari Surah Al-kahfi tersebut, diantaranya yaitu:

1. TERHINDAR DARI FITNAH DAJJAL

Seseorang yang membaca Al-Kahfi pada hari Jum'at akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

2. MENDAPATKAN AMPUNAN DOSA DIANTARA DUA JUM'AT

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu anhu, Rasulullaah SAW bersabda:
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan." Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

3. MENDAPATKAN CAHAYA DIANTARA DUA JUM'AT
Ganjaran yang Allah berikan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at, maka mereka akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan ketika nanti dihari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit, dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana Allah SWT berfirman :
يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ
“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka." (QS. Al-Hadid: 12).

Dan diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :
مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736).

Nah, itulah sebagian keutamaan surah Al-kahfi yang bisa dijelaskan dan bisa kita amalkan pada malam jum'at dan dihari jum'at, manfaatkan waktu malam Jum'at dengan sebaik-baik, apalagi waktu diantara Maghrib dan Isya, karena diwaktu tersebut manusia banyak yg dibuat lalai oleh Syaitan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Al-Allamah Al-Habib Umar Bin Hafidz, Diwaktu antara Maghrib dan Isya ada sebuah simpanan pahala yang banyak, maka para sholihin menggunakan waktu tersebut untuk khusyu, untuk beribadah, untuk mendekatkan diri kepada Robbul alamin.
Sehingga diwaktu tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak amal, untuk mendekat kepada Allah. Ajarkanlah perihal ini kepada yang lain, contoh sering kita lihat anak anak kecil diajarkan untuk mengaji diwaktu tersebut, dilarang menonton TV diwaktu tersebut dan lain sebagainya, pemandangan tersebut sudah jarang disekitar kita, sebagai orang tua pun kita tidak mencontohi kepada anak-anak kita

Syetan tahu akan fadhilah diwaktu tersebut, sehingga syetan membuat program-program yang tujuannya adalah membuat kita lalai dari Allah, Syaithan menginginkan manusia menjalankan programnya, yang antara lain program yang dijalankan salah satunya siaran televisi yang dimulai diwaktu Maghrib dan Isya, ditayangkanlah tayangan yang menurutnya bisa menarik orang banyak untuk menonton sehingga lalai dari Allah, tidak mendapatkan fadhilah diwaktu tersebut.

maka ajarkan kepada diri kita untuk menghindari hal-hal tersebut, menghindari hal hal yang membuat kita lalai dari Robbul alamin dan ajarkanlah kepada orang lain, dari yang lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga kita dan semakin besar mudah mudahan kaum muslimin memanfaatkan waktu tersebut.

Yaa Allah Yaa Rahman Ya Rahiim
Ya Allah, Penuhilah hati ini dengan rasa cinta kepadaMu dan kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW, Dan jadikan kami mencintai sesuatu karena Engkau Ya Allah.

Jangan biarkan kami dan saudara kami lalai diwaktu tersebut, dan lindungilah kami dari godaan Syetan, sehingga kami bisa mendapat fadhilah diwaktu tersebut Aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal alamin.


Semoga Allah Swt menjadikan kita semua hamba-hambaNya yg mendapatkan syafa'at dan keridhoanNya. Aamiin. Semoga Bermanfaat.

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALIHII WASHOHBIHII WA UMMATIHII WASALLIM

Semoga Bermanfaat
Subscribe

0 komentar:

Posting Komentar